Mengenal Apa itu Cache dan Berbagai fungsinya

mengenal apa itu cache

Cache adalah istilah yang cukup sering kita ketemui khusunya ketika kita hendak menghapus history browser atau membersikan peyimpanan hp. Data cache sendiri adalah kumpulan data bersifat sementara dari aplikasi, browser hingga website yang pernah kamu kunjungi. Dengan adanya cache, ketiga hal tersebut tak perlu lagi mengunduh ulang data-datanya apabila kamu mengunjunginya kembali esok hari.

Dalam artian lain, manfaat cache adalah membuat sebuah website, browser dan juga aplikasi memuat data/informasi lebih cepat. Jadi, kalau begitu, bolehkah kita menghapus cache. Cache bekerja dengan menyimpan salinan data yang telah diakses secara baru-baru ini. Sehingga data tersebut dapat diakses lebih cepat pada akses berikutnya. Nah, kita akan membahas tuntas tentang cache ini. Agar semua tau apa itu cache dan apa fungsinya dalam sebuah  komputer dan HP.

Apasih Cache itu

Sama seperti penjelasan sebelumnya. Cache adalah tempat kumpulan data yang memudahkan sistem dalam menyimpan informasi sehingga tidak harus melakukan pengunduhan berkali-kali. Hal tersebut tentunya sangat efisien. Ketika kamu ingin mengakses informasi di suatu situs, tanpa adanya cache.

Akan kemajuan teknologin sistem akan mengunduh data-data di dalam situs tersebut satu per satu karena tidak tercatat dalam history. Sistem pun tidak tahu apakah kamu sudah pernah mengakses data tersebut atau belum. Namun, keberadaan cache akan menjadikan proses tadi lebih praktis.Misalnya saja kamu mengunjungi suatu situs untuk pertama kali.

Maka sistem akan otomatis merekam dan mengunduh data yang kamu akses. Data tersebut lah yang dinamakan cache. Dari cache tersebut, sistem akan tahu bahwa kamu pernah mengunjungi situs ini. Sehingga, ketika kamu mengunjungi situs tersebut di kemudian hari, sistem bisa memberikanmu jalan pinta yang lebih cepat dalam mengakses informasinya. Sistem pun tak perlu mengunduh lagi data-data di dalamnya.

Nah mungkin semua udah pada ngerti apa itu cache. Sekarang kita akan membahas bagai mana cara kerja cache ini. Berikut pengertian tentang cara kerja cache.

Cara Kerja

cara kerja cache

Cara kejanya sebenarya sangatlah mudah. Namun, banyak orang tidak mengertia cara kerja nya cache ini. Makanya kita akan membahas 1 per 1 cara kerja cahce tersebut. Agar semua pada tau cara kerjanya. Pola dari bagaimana cara kerja cache adalah sebagai berikut:

1. Saat kamu melakukan recall pada data yang ingin diakses. Baik melalui aplikasi ataupun browser, maka sistem akan segera melakukan proses pencarian data pada bagian memory cache.

2. Kalau misalnya kamu baru pertama kali mengakses data tersebut, otomatis sistem belum menyimpan data sementara di bagian cache. Di sinilah sistem melakukan proses akses secara cepat menuju sumber data utama.

3. Sembari melakukan pencatatan data dari sumber utama. Bagian processor pun juga turut bekerja dengan cara mencatat data tersebut di bagian cache.

4. Setelah proses tersebut selesai dilakukan, ketika ingin diakses kembali, maka cache akan menampilkan data tersebut tanpa membutuhkan waktu yang lama.

diatas merupakan cara kerja cache yang harus kamu ketahuin. Lalu apa apakahkah fungsi cache, Artikel ini akan membahas tentang fungsi cache ini. Berikut fungsi dari cahce ini :

Fungsinya

Cache adalah sebuah mekanisme dalam sistem komputasi yang berfungsi untuk mempercepat proses akses data dengan menyimpan data yang sering digunakan. Dalam memori yang lebih cepat diakses oleh prosesor. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari cache:

1.Meningkatkan sistem performa

Dengan menyimpan data yang sering digunakan dalam memori cache. Prosesor dapat mengakses data tersebut dengan lebih cepat dan mengurangi waktu akses ke memori utama yang lebih lambat. Hal ini membantu meningkatkan performa sistem secara keseluruhan. sistem dapat menghindari keterlambatan yang disebabkan oleh pengambilan data. Dari memori utama yang memiliki waktu akses yang lebih lambat.

2. Mengurangi Beban pada Memori Utama

Dengan adanya cache, beban pada memori utama (RAM) dapat dikurangi secara signifikan. Sebagian besar akses data dapat dilayani oleh cache, sehingga memori utama hanya digunakan ketika data yang diminta tidak tersedia di dalam cache. Hal ini membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengambil data dari memori utama dan mengurangi kepadatan lalu lintas data.

3.mempercepat proses

Cache juga membantu mempercepat proses pemrosesan dalam sistem komputasi. Dengan menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan di dalam cache instruksi dan cache data, CPU dapat mengambil instruksi dan data tersebut dengan cepat tanpa harus menunggu pengambilan dari memori utama. Hal ini membantu meningkatkan throughput sistem secara keseluruhan.

kekurangan

Diatas merupakan fungsi dari cahce yang bagus. Namun, fungsi yang bagus dari cahce memiliki kekurang yang dapat merugikan. Kita akan membahas apa saja sih kekurangan dari cahce ini. Berikut kekurangan dari cahce ini

1.Penyipanan sangat manjadi boros

Terlepas dari manfaat yang sudah artikel sebutkan tapi tak dapat dipungkiri kalau cache dipandang sebagai “sampah” juga ada benarnya. Membuat tempat penyimpanan dari perangkatmu semakin penuh sehingga mempersempit ruang gerakmu jika ingin instal aplikasi baru.

2.Bisa Rusak Sewaktu-Waktu

Data yang rusak atau lebih kamu kenal dengan sebutan corrupt, tentu saja tidak akan bisa diakses jika sudah mengalami kondisi tersebut. Dampaknya adalah turut membuat website atau aplikasi tidak bisa dijalankan dengan benar.

Diatas merupakan sebuah penjelasan dari kekekurangan dari sebuah cahce yang harus di ketahuin. Semoga dapat membatu dalam mengenal.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTUH DALAM MENGETAUI TENTANG APA ITU CAHCE DAN FUNGSINYA.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top