Mengenal Tentang Perkembangan Teknologi 5G

perkembangan teknologi 5G

Teknologi 5G merupakan generasi kelima dari teknologi jaringan seluler. Dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, 5G menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi. Latensi yang lebih rendah, dan kapasitas yang lebih besar. Kecepatan transfer data yang mencapai gigabit per detik memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan mengunggah konten dalam waktu singkat. Kurang dari 1 milidetik, memungkinkan interaksi real-time yang lebih baik antara perangkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi 5G telah menjadi sorotan utama dalam dunia telekomunikasi dan teknologi informasi. Tidak hanya menjanjikan kecepatan internet yang luar biasa cepat. Tetapi juga membawa potensi transformasi besar dalam berbagai sektor kehidupan, mulai dari industri hingga kesehatan dan transportasi. Artikel ini bertujuan untuk menjelajahi perkembangan terbaru dalam teknologi 5G dan bagaimana ini membentuk perjalanan menuju era konektivitas yang lebih maju.

Kapasitas yang lebih besar memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung dalam satu jaringan. Dengan terus berkembangnya teknologi 5G dan implementasinya yang semakin luas. Kita dapat dengan yakin mengatakan bahwa kita hanya melihat awal dari apa yang dapat dicapai oleh jaringan ini. Kemampuan untuk menghubungkan orang, perangkat, dan infrastruktur dalam waktu nyata. Dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Teknologi 5G terus membentuk masa depan yang lebih terhubung, efisien, dan inovatif.

Dengan terus berkembangnya teknologi dan peningkatan adopsi, masa depan 5G tampak cerah. Dengan memahami perkembangan terbaru dan menavigasi tantangan yang ada. Kita dapat mengembangkan ekosistem 5G yang inklusif dan inovatif, yang membawa manfaat bagi masyarakat secara luas. Seiring dengan itu, penting untuk terus memantau perkembangan ini dan memastikan bahwa 5G berkembang sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan keberlanjutan

Siapa Penemu Teknologi 5G

 

PENEMU

5G ditemukan oleh Michael Lemke yang berkebangsaan Jerman dan juga seorang ahli fisika yang bergelar PhD (doktor). Penelitian ini sudah dimulai sejak tahun 2016 silam, tepatnya di Dresden University of Technology, Jerman. Selain itu, beliau juga menduduki posisi penting di salah satu brand seluler ternama yaitu Huawei sebagai ahli teknologi senior. Selama 24 tahun ia sudah menggeluti dunia teknologi komunikasi.

Atas Kemajuan  teknologi 5G memiliki beberapa  kelebihan dan kekurangan yang harus kita ketahuin. Karena sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kelebihan teknologi 5G dan kekurangan.

Kelebihan 5G

Kelebihan teknologi 5G sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga ada beberapa kelebihan dari teknologi ini yaitu :

1. Koneksi yang semakin luas

5G menawarkan kelebihan dibanding LTE yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 kHz. Teknologi 5G yang mempunyai kapasitas yang besar, hingga 100 kali. Sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Sehingga, semakin banyaknya perangkat-perangkat berbasis smart yang dapat terhubung dan beradaptasi dengan jaringan 5G.

2. Tidak memiliki delay atau tidak lemot

Teknologi 5G hampir tidak memiliki delay seperti generasi sebelumnya. Dimana jaringan 5G memiliki waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik. Bahkan, waktu delaynya bisa sampai 1 milidetik. sehingga memungkinkan pengguna teknologi 5G bisa menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering.

3. Menghemat energi

5G dilahirkan memang untuk mengurangi konsumsi energi. Dimana kemampuan untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% dengan cara mengurangi trafik data. Kecepatan transmisi data yang super cepat juga menyumbang kontribusi terbesar dalam menciptakan teknologi yang hemat energi.

Diatas merupakan kelebihan tentang teknologi 5G yang sangat penting bagi kehidupan. Nah, sekarang kita akan membahas kekurangan 5G.

*Kekurangan Teknologi 5G

Namun Selain memiliki kelebihan, 5G juga memiliki beberapa kekurangannya yang harus kita ketahuin yaitu:

1.Frekuensi radio yang penuh

Pastinya jika hadirnya jaringan 5G sebesar 6 GHz akan menimbulkan masalah karena susuan pita frekuensi radio sudah penuh.

2.Privasi dan keamanan

Dengan kemudahannya dan kecepatan dalam mentransfer data berkualitas tinggi. Tidak bisa dipungkiri pastinya akan menyebabkan rentannya tingkat keamanan pada 5G

3. Daya tembus yang minim

Walaupun 5G memiliki koneksi yang lebih luas, namun daya tembusnya masih minim. Tidak seperti generasi sebelumnya, jaringan 5G kurang optimal untuk menembus pengahalang seperti gedung, tembok, beton, dan pohon.

Diatas merupakan keterangan kelebihan dan kekurangan atas kemajuan 5G. Yang berdampak kepada kehidupan sehari-hari.

Kemajuan zaman ini sangatlah pesat yang membuat semua semakin mempermudahkan. Namun atas kemajuan 5G ini memiliki dampak yang buruk tentang kehidupan yang perlu kita ketahuin. Berikut dampak buruk atas kemajuan teknolgi 5G yang berdampak pada kehiduapan di bumi yaitu :

 1.Potensi Kesehatan dan Lingkungan

dampak butuk terhadap lingkunagn

Ada kekhawatiran bahwa radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh infrastruktur 5G. Seperti menara sel dan antena, dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia dan lingkungan. Namun, penelitian tentang dampak kesehatan 5G masih dalam tahap pengembangan dan kontroversial.

2.Keamanan Cyber

Dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan 5G, terdapat risiko peningkatan serangan siber. Jaringan yang lebih cepat dan lebih terhubung juga dapat membuat sistem lebih rentan terhadap serangan cyber. Seperti peretasan data atau perusakan infrastruktur kritis.

3.Ketergantungan yang Meningkat

Kemampuan 5G untuk menyediakan koneksi yang cepat dan responsif dapat meningkatkan ketergantungan masyarakat pada teknologi dan internet. Hal ini dapat mengakibatkan masalah seperti adiksi digital, gangguan tidur, dan gangguan mental lainnya.

4.Dampak terhadap Sosial dan Ekonomi

Tidak dapat disangkal bahwa 5G akan memiliki dampak besar pada berbagai sektor, mulai dari industri hingga pendidikan dan kesehatan. Kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak orang dengan lebih cepat dan lebih andal. Membawa perubahan positif dalam cara kita bekerja, bermain, dan belajar.

Itu lah tentang dampak buruk terhadap kemajuan terhadap kehidupan yang perlu kita hindarin yang sangat berdapak. Semoga artikel ini dapat membatun tentang kemajuan  teknologi terhadap kehidupan kita sehari- hari.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top