Penggaruh Perkembangan Teknologi Transportasi

Penggaruh Perkembangan Teknologi Transportasi

Penggaruh Perkembangan Teknologi Transportasi  adalah alat pemindahan manusia atau barang dari suatu ke tempat lainnya. Dengan menggunakan sebuah wahana atau mesin yang di gerakkan manusia. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai alat transportasi mereka.

Transportasi sendiri terdiri dari 3 yaitu, transportasi darat, laut dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia berpindah menjadi mesain sehinga mempermudahkan masyarakat untuk melakukan aktifitas walaupun tempat tersebut jauh.

BACA JUGA TENTANG Pengaplikasian Teknologi Dalam Otomotif

Teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

Penggaruh Perkembangan Teknologi transportasi telah mengalami evolusi yang luar biasa dari masa lalu hingga masa kini. Setiap inovasi membawa perubahan signifikan yang mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, masa depan transportasi menjanjikan lebih banyak inovasi yang akan membuat perjalanan lebih cepat, aman, dan efisien. Nah, kita akan membahas perhebaan Transportasi darat dan Transportasi udara sebagai berikut :

*Transportasi darat

Masyarakat pada masa lalu mengunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman dan kuda yang merupakan alat transportasi andalan. Teknologi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemapuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama.

Adapun risiko yang sering dialami dengan penggunaan kendaraan bermotor adalah tabrakan yang sering menimbulkan kefatalan terhadap manusia itu sendiri. Yang aneh bahwa kereta api yang memiliki jalur khusus pun dapat tabrakan. Korbannya sering jauh lebih besar daripada mobil yang disebabkan adanya kesalahan manusia (human error). Kereta api Prancis dan Jepang misalnya,memiliki daya laju lebih dari 300 km per jam. Bila sampai terjadi kecelakaan,manusia yang menjadi korban bukan saja mati,melainkan hancur luluh!

*Transportasi air

Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.

Kelebihan dan Kekurangan TeknologiTransportasi

Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada penjelasan di atas yang banyak nampak adalah kelemahan teknologi masa lalu dan kelebihan teknologi masa kini. Misalnya teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat. Namun sebenarnya teknologi masa lalu juga memiliki kelebihan. Sebaliknya teknologi masa kini juga memiliki kelemahan.
Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan lalu lintas. Baik di darat, laut maupun udara.
Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi. Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kalian yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.

Dampak Transportasi

Dampak Positif
Dengan diterapkannya ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern. Orang dapat membuat sarana transportasi,misalnya sepeda motor,mobil,bus,kereta api,kapal laut,pesawat terbang,dan lain-lain.Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dulu,misalnya kuda,naik kereta kuda,atau kapal layar.

Teknologi transportasi telah mengalami evolusi yang luar biasa dari masa lalu hingga masa kini. Setiap inovasi membawa perubahan signifikan yang mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, masa depan transportasi menjanjikan lebih banyak inovasi yang akan membuat perjalanan lebih cepat, aman, dan efisien.

 Dampak negatif

Transportasi, meskipun vital bagi perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakat, membawa serta dampak negatif yang tidak boleh diabaikan. Polusi udara, perubahan iklim, masalah kesehatan, dan berbagai dampak sosial serta ekonomi adalah tantangan yang perlu dihadapi. Untuk mengurangi dampak negatif ini, diperlukan kebijakan yang berkelanjutan, investasi dalam teknologi hijau, dan peningkatan kesadaran publik tentang pentingnya transportasi ramah lingkungan. Dengan pendekatan yang tepat, dampak negatif transportasi dapat diminimalkan sambil tetap mempertahankan manfaat yang ditawarkannya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top