Perkembangan Teknologi AI Di Jaman Modern

Perkembangan Teknologi AI

Teknologi AI (Artificial Intelegent) merupakan salah satu perkembangan teknologi terbaik sepanjang abad keberadaan manusia. AI sendiri merupakan kemampuan suatu mesin untuk kecerdasan dari manusia. Hal ini membuat komputer mampu memahami, belajar, bahkan mengambil keputusan berdasarkan data yang sudah ditanamkan atau diberikan.

Perkembangan teknologi AI mulai berkembang di tahun 2000-an seiring dengan majunya teknologi komputer serta algoritma. AI saat ini sudah menjadi kebutuhan dari setiap orang untuk membantu belajar bahkan bekerja. Manusia saat ini sudah mulai dimanjakan dengan keberadaan AI yang memang sangat berguna dan menguntungkan untuk digunakan.

Sejarah Perkembangan AI

Perkembangan Teknologi AI yang kita rasakan sekarang merupakan hasil perjuangan yang cukup panjang. Era awal pembentukan AI adalah pada tahun 1940-an dan Alan Turin menjadi salah satu tokoh yang memulai perjalanan perkembangan AI. Pada tahun 1950 Alan Turin mengusulkan konsep AI dan juga memperkenalkan Tes Turing yang digunakan sebagai tolak ukur menentukan kecerdasan AI.

Selain Alan Turing, ada juga John McCarthy yang muncul sebagai salah satu tokoh yang memperkenalkan istilah “kecerdasan buatan”. Namun pada 1980-an, teknologi AI mulai dilupakan orang-orang karena kemajuannya lebih lambat dari yang diperkirakan. Barulah pada tahun 2000-an AI mulai kembali bangkit dan dipercaya oleh orang-orang terutama dibidang industri.

Hingga saat ini, perkembangan dari teknologi AI telah digunakan oleh hampir semua orang didunia ini karna dianggap sangat membantu. Mulai dari kendaraan, pelayanan kesehatan, sistem dalam industri semuanya sudah mulai mengandalkan AI.

Jenis-Jenis AI

Teknologi dari AI terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis dari AI beserta kegunaannya :

  1. Weak AI (AI Lemah) merupakan AI yang memiliki kemampuan terbatas untuk membantu melakukan tugas tertentu. Contohnya adalah virtual assistent seperti Siri dan Google Assistant.
  2. Strong AI (AI Kuat) adalah AI yang didesaign untuk memiliki kemampuan setara dengan kecerdasan manusia. Untuk saat ini, jenis AI ini masih dalam tahap pengembangan.
  3. Narrow AI (AI Sempit) dirancang untuk dapat melakukan tugas spesifik seperti mengenali wajah dalam foto. Contoh dari AI ini adalah Google Search Image/
  4. Broad AI (AI Luas) menjadi teknologi yang dikembangkan untuk dapat melakukan berbagai tugas serta belajar dari pengalaman seperti Auto Pilot dari beberapa kendaraan seperti Tesla.

AI Adalah Perkembangan Teknologi Ramah Lingkungan

Perkembangan Teknologi AI merupakan terknologi ramah lingkungan yang saat ini dibutuhkan oleh manusia. Pasalnya, dikeadaan seperti ini bumi menjadi semakin panas dan rusak akibat banyaknya sektor industri yang menggunakan bahan bakar tidak ramah lingkungan. Dengan adanya AI, kita dapat terbantu untuk meneliti dan mendapatkan bahan bakar alternatif dan berkelanjutan yang tentunya lebih ramah lingkungan.

Teknologi AI dapat digunakan untuk menganalisis data kompleks yang berhubungan dengan faktor efisien energi serta dampak dari karbon. AI dirancang untuk dapat menganalisa berbagai kombinasi dan struktur kompleks untuk menciptakan formula yang lebih efisien serta ramah lingkungan.

Perkembangan teknologi AI diharapkan dapat merubah keadaan lingkungan kita suatu saat nanti menjadi lebih baik dan sehat untuk manusia tinggali.

Perkembangan AI Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi AI kini menjadi fokus utama dari pemerintah Indonesia dalam meningkatkan daya saing serta inovasi dalam negeri.  Penerapan teknologi AI di Indonesia sudah dapat kita jumpai dimana-mana. Beberapa sektor bisnis dan pelayanan pelanggan di Indonesia menjadi salah satu sektor yang sudah menggunakan perkembangan teknologi AI.

Tidak sedikit juga startup dalam sektor AI di Indonesia yang mulai bermunculan. Salah satu program pemerintah yang berhubungan dengan perkembangan teknologi AI adalah masalah keamanan dan perlindungan data menggunakan penerapan AI.

Namun saat ini kita sendir kekurangan SDM yang alih dalam mengolah AI. Selain itu, kualitas insfrastruktur yang rendah, hukum dan regulasi yang belum kuat serta edukasi yang kurang kepada masyarakat mengenai AI menjadi masalah yang dihadapi Indonesia saat ini.

 

Baca juga : Perkembangan Gedget Di Era Saat Ini Yang Semakin Pesat

Manfaat Teknologi AI Di Berbagai Sektor

Seperti yang kita ketahui, teknologi AI kini memiliki banyak manfaat untuk berbagai sektor dan juga telah diterapkan dengan massal. Berikut ini adalah contoh sektor-sektor yang terdampak manfaat dari penggunaan AI :

  • Kesehatan. Penggunaan AI dalam dunia medis atau kesehatan sangatlah membantu tenaga kesehatan untuk memberikan diagnonis yang lebih akurat serta perkembangan obat yang cepat.
  • Keuangan. Dalam bidang ini, AI membantu untuk menganalisis data dengan lebih akurat dan dapat mendeteksi kecurangan serta prediksi pasar yang akurat.
  • Hiburan. AI sangat membantu sektor hiburan dalam merekomendasikan konten serta dapat memberikan efek visual yang realistis.
  • Transportasi. Transportasi merupakan salah satu sektor yang paling besar terdampak oleh AI dan dapat kita jumpai dimana-mana saat ini. Teknologi AI dalam bidang ini membantu kita untuk mengurangi dampak kecelakaan saat berkendara dan juga mengurangi dampak kemacetan.
  • Industri Manufaktur. AI membantu pengoptimalan proses produksi agar produksi berjalan cepat dan lancar serta pemeliharaan peralatan.

Keunggulan Dan Bahaya AI

Selain memiliki manfaat seperti membantu memproses data dan berperan penting dalam perkembangan berbagai sektor, AI juga memiliki kekurangan yang bisa “berbahaya” untuk kita. AI tidak dirancang untuk memiliki emosi dan pemahaman konteks. Hal ini dapat menyebabkan AI bekerja tanpa adanya pemahaman konteks yang jelas dalam mengejakan tugasnya. Namun hal itu akan dapat diperbaiki seiring dengan perkembangan teknologi AI itu sendiri.

5 thoughts on “Perkembangan Teknologi AI Di Jaman Modern”

  1. Pingback: Perkembangan Gedget Di Era Saat Ini Yang Semakin Pesat - achateclaire

  2. Pingback: Apakah AI Dapat Diterapkan Dalam Bidang Pendidikan? - achateclaire

  3. Pingback: Pengaplikasian Teknologi Dalam Otomotif - achateclaire

  4. Pingback: Masa Depan di Tangan Anda: Era Robot Pintar - achateclaire

  5. Pingback: Fenomena Game Console: Evolusi, Trend, dan Dampaknya - achateclaire

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top